Bahasa tubuh manusia:pada bagian tubuh di atas kepala

Seperti pada judul di atas di sini saya akan menjelaskan sebagian gerak-gerik yang di jadikan  pesan oleh tubuh manusia. Setiap gerakan yang anda lakukan mengkomunikasikan sebuah pesan. Expresi wajah jugan bukan mengecualian, bahkan kedipan mata yang samar atau gerakan hidung. Seorang pria yang membuat kontak mata dengan wanita dan memiringkan kepala ke salah satu sisi secara diam-diam mengatakan ia tertarik pada wanita itu.

Mata, hidung, dan bibir semuanya memiliki syarat sendiri. Dan gerak-gerik seperti menggosok dagu atau menaikkan alis juga menyampaikan sebuah pesan. Tetapi apa yang di katakannya? Bacalah terus dan temukan maknanya.

Mata

Mata adalah titik perhatian pada wajah. Jika anda berbicara kepada seseorang yang mengunakan kaca mata, sulit untuk mengetahui apa perasaannya yang sesungguhnya. Yang merekan katakana sesungguhnya adalah, “saya dapat melihatmu tetapi kamu tidak bisa melihat saya.” Pertanyaan yang sesungguhnya adalah apa yang mereka sembunyikan dan mengapa?

Jika anda terlibat dalam suatu percakapan, apakah pembicara lain menatap anda ataukah matanya menatap kearah lain? Memberikan kepada seseorang perhatian anda yang tidak teralih ke arah lain menyatakan anda menghormati orang itu. Itu juga anda menyatakan anda percaya diri dan berminat dengan isi pembicaraan. Mengalihkan tatapan mata dapat berarti kebosanan.

Karena kontak mata adalah elemen yang paling penting dalam membentuk kesan, gerakan yang kita lakukan dari kejapan sampai kedipan menyatakan perasaan kita yang sesungguhnya.

Megedip-ngedipkan mata : Gerakan ini, yang biasanya di gunakan oleh wanita dan di tujukan kepada pria berarti “saya tidak bersalah.” Juga dapat di gunakan untuk mengoda.

Menggosok mata :jika seseorang menggosok matanya dengan jari telungjuk, ini menyatakan suatu penipuan atau kecurangan.

Karena orang ini ingin”memotong”kontak visual, hal ini menjadi alasan baginya untuk melihat ke arah lain. Ini biasanya di sadari, tetapi merupakan isyarat bahwa seseorang tidak mengatakan yang sesungguhnya.

Mengedipkan mata dengan cepat : walaupun tidak ada orang yang menhitung jumlah kedipan mata anda, 10 kedipan atau kurang setiap menitnya menyatakan kebosanan sedangkan 14 kedipan atau lebih setiap menitnya menyatakan kegelisahan atau stress. Mengedipkan mata dengan cepat juga merupakan rangsagan seksual.

Melirik ke samping :gerak –gerak ini adalah syarat mengoda. Orang menatap dengan berani sementara menurungkan dan memiringkan kepala menjauh – jadi melirik ke samping. Ini yang menyatakan “rasa malu yang berani.”

Menghindari  tatapan mata  : ini biasanya merupakan tanda penipuan, kebohongan, atau rasa bersalah.

Menutup mata : jika mata seseorang tertutup lebih lama dari kedipan mata yang biasanya dan alisnya naik, pesan yang di sampaikan adalah, “hentikan apa yang anda sedang katakan.” Biasanya seluruh wajah juga akan menunjukkan rasa terkejut dan ketidak-sukaan.

Menatap lama :inilah tanda ia sedang tertarik kepada anda. Orang yang membuat kontak mata, melihat kelain tempat dan kembali melihat ke mata anda lagi mengatakan,” Aku ingin mengenal-mu lebih baik lagi.”

Gerakan mata ke atas dan kebawah : jika seorang pria menggerakkan matanya naik dan  turung pada tubuh seseorang wanita, ia member tau wanita itu bahwa ia tertarik dalam cara fisik.

Tatapan mata yang keras : ini merupakan isyarat yang invasif, agresif dan mengancam.

Mengedipkan sebelah mata : mengedipkan sebelah mata merupakan isyarat yang di sengaja. Ini menunjukkan suatu rahasia yang hanya di ketahui oelh orang yang mengedipkan mata atau di kedipi. Jika kedipan sebelah mata ini di tujuhkan kepada orang yang belum di kenal, ini menjadi godaan. Tetapi berhati-hatilah ini juga dapat di artikan vulgar atau kurang ajar.

Ketinggian mata : didalam suatu kelompok, orang yang memiliki ketinggian mata paling tinggi baisanya di anggap sebagai pemimpin. Berdiri sementara orang lain duduk menempatkan anda sebagai posisi atasan – walapun tubuh anda pendek. Demikian pula, jika seseorang berdiri di hadapan anda, itu menempatkan anda dalam posisi yang tunduk.

Menaikkan mata : ini merupakan tanda kejengkelan. Memutar mata kebelakang di dalam rongga mata dan menatap ke langit-langit. Pesannya telah jelas : “beri saya ketenangan.”

Mentup wajah : jika tangan menutup wajah, ini berarti, “saya terkejut “gerak-gerik ini juga menjauhkan orang yang melakukannya dari situasi yang menyerang. Ini juga dapat di gunakan dalam caya yang kasual, berpura-pura di serang.

Kedua alis dinaikkan : menaikkan mata dan menurungkan alis mata dalam film kartun menyatakan dirinya menggoda. Dan memang berlaku dalam kehidupan nyata. Dari seberang ruangan yang padat, isyarat ini sangat jelas : “aku ingin bertemu denganmu.”

Satu alis di naikkan : jika satu alis naik dan yang lain turun, aritnya sangat berbeda. Ini merupakan tanda setengah terkejut suka dan setengah tidak suka, yang berarti “saya tidak sepenuhnya mempercayai anda. “

Menyatukan alis mata : jika kedua lais mata di dekatkan, menyebabkan kerut di pertengahannya, ini berarti kecemasan, rasa takut, kemarahan, atau kombinasi emosi-emosi itu. Sebagain orangy mempertahankan expresi ini cukup kuat sehingga membentuk kerut yang dalam.

Hidung

Apakah besar, kecil lurus, bengkok, hidung menceritakan banyak hal selain dari sekedar mencium makanan yang baik atau berita yang baik. Cara jari di gosokkan pada punggung hidung mengelilinginya dapat menceritakan banyak hal tetang diri seseorang. Dan cara hidung di kerutkan atau digerakan juga menunjukkan emosi.

Menyentuh hidung : jika tangan seseorang menyentuh hidung selama percakapan, biasanya menyatakan mereka menyembunyikan sesuatu. Orang yang melakukan tindakan ini baisa tidak menyadari gerik-gerik dan tampak tenang.

Melebarkan lubang hidung :tanda ini cukup jelas. Jika lubang hidung di besarkan, di sebabkan karena kontraksi otot-ototnya, ini berarti kemarahan atau kejengkelan.

Tetapi didalam dirinya mereka sedang mengalami kebingungan. Ahli piskologi percaya ini merupakan gerakan yang tidak di sadari untuk menutupi mulut – untuk menyembunyikan kenjengkelan. Malahan tangan bergerak menuju hidung untuk menyembunyikan maknanya.

Hidung yang mendongak : jika hidung naik dengan mencondongkan kepala kebelakang, pesannya telah jelas : “saya lebih baik; saya lebih unggul dari kamu .” susungguhnya menaikan hidung merupakan symbol universal untuk untuk keangkuan kesombongan.

Memegang hidung : menjepit lubang hidung antara ibu jari dan jari telunjuk merupakan tanda sesuatu yang berbau busuk – inilah waktu untuk mengeluarkan sampah atau keluar dari situasi yang buruk.

Mendorong hidung : mondorong hidung ke salah satu sisi menunjukkan ketidaksepahaman atau ketidaksukaan.

Mengkerutkan hidung : jika otot-otot di sekitar hidung berkontraksi, terciptakan garis-garis kerut di antara mata, dan ini menunjukkan rasa jijik – dari ketidak sepahaman ringan sampai penolakan total.

Mulut dan bibir

Apakah mulut bergerak ke atas atau kebawah, lidah terjulur atau tidak, pesannya telah jelas -      apakah itu? Senyum menyatakan kebahagiaan, kepuasan dan percaya diri. Tetapi bagaimana anda tau jika sebuah senyum adalah nyata?

Menurut Dr. Paul Ekman, seorang  ahli piskologi di Univesity California di san Francisco, terdapat 18 jenis senyum. “tiap senyum mengunakan kombinasi otot yang sedikit berbeda dan menyampaikan pesan yang berbeda, “ katanya.

Senyum sejati adalah senyum yang menyebabkan kerut di sekitar mata.

Wanita sering kali tersenyum untuk menetramkn pria,” menurut ahli piskologi Nancy Helney. Senyum dapat membuat mereka tampak rama, menarik, dan terbuka. Tetapi juga dapat di pandang sebagai undangan sexsual.” Ia memperingatkan wanita untuk tidak senyum berlebihan atau mengunakan senyum untuk menenangkan seseorang.

Inilah beberapa variasi ekspresi menurut bibir dan mulut.

Senyum yang di paksakan :senyum yang di paksakan ini tidak menyebar ke mata.

Seringai : ini menarik sudut mulut ke belakang sehingga menunjukkan gigi geligi.

Senyum dengan mulut tertutup :senyum merupakan suatu tanda penhargaan, di gunakan dengan cara yang sopan.

Senyum terbuka :senyum ini menunjukkan gigi atas dan memberitaukan kepada orang lain bahwa anda ingin berkenalan.

Bibir dikerutkan :jika seseorang mengkerutkan bibirnya, ini berarti seseorang lawan jenisnya menarik.

Bibir yang tegang :menyatakan ketegangan di dalam hati atau ketidaksepahaman.

Menggigitkan bibir : jika seseorang menggigit bibir bawahnya dan menggelengkan kepala, orang itu menyatakan suatu kemarahan.

Menyentuh bibir#1: jika jari telunjuk di bawah ke bibir secara vertical dan di lakukan sejenak, ini mengatakan, “ mohon tenang “

Menyentuh bibir#2:tetapi jika ujung jari telunjuk menyentuh bibir bawah dan mulut sedikit terbuka, ini berarti, “ aku ingin berbicara denganmu,”

Dan lain lagi…

Cara kita menggelengkan kepala dan memiringkannya dapat mengirimkan pesan rahasia kepada orang lain.

Idealnya, kepala seseorang harus berdiri tegak di atas bahu, dengan mata menatap mantap kedepan dan otot-oto santai.

Tetapi dalam kehidupan sesungguhnya kondisi ini jarang. Banyak orang mendengar dengan memiringkan kepalanya di salah satu sisi. Dan dalam faktanya, ini merupakan isyarat romantis yang menunjukkan penerimaan dan kepatuhan.

Menganggukkan kepala : gerak gerik yang positf ini membantu orang lain tenang dan tau anda tertarik pada apa yang mereka katakana. Ini menyatakan kesepakatan. Menggelengkan kepala dari samping ke samping menyatakan ketidak setujuan.

Menopang dagu : dagu yang di topang oleh tangan mengatakan, “ saya bosan .“ orang itu mungkin  intim tampak tertarik, tetapi pesannya telah jelas,”saya tidak dapat berkonsentrasi pada apa yang anda katakana .“

Menggosok leher : menggosok leher menyatakan ketidak pastian tentang apa yang di dengar atau di katakana. Gerik-gerik ini biasanya di lakukan dengan jari telunjuk di samping leher, tetapi di bawah telingga.

Menggerakkan dagu :ini menyatakan pendengar  mengerti setiap kata yang anda katakana. Ini gerakan termenung yang biasanya di lakukan oleh orang yang tidak memiliki jenggot.

Menguap :mengantuk bukan satu-satunya alas an untuk menguap.

Terdapat menguap “social” yang timbul akibat situasi yang penuh stres. Saat merasa tidak yakin apa yang harus di lakukan selanjutnya, meguap “memberi sedikit waktu”

Bahasa rambut

Lihatlah iklan rambut.rambut yang bekilauan dan terurai tertiup angin mengundang sentuhan. Rambut yang di semprot kaku mengatakan, “saya tegak, jangan di pegang.”

Walaupun sebagaian besar kebiasaan itu di lakukan secara tidak di sadari, bagaimana anda menggerakkan atau mempermainkan rambut dapat mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian anda.

Bermain dengan ujung rambut :memuntir-muntir ujung rambut mengatakan, “lihatlah padaku.”tetapi menarik-narik rambut berarti anda sedang mengalami stress yang berat dan tekanan yang besar.

Menata :menyisir atau menata rambut merupakan tanda untuk menyakinkan diri anda sendiri bahwa anda adalah orang yang menarik. Ini merupakan pesan yang meningkatkan rasa percaya diri dengan mengirimkan pesan kepada orang lain yang melihat ,“ saya merasa baik dengan diri saya.”

Menggigiti ujung rambut :ini merupakan tanda keragu-raguan.seringkali remaja perempuan mengunyah rambutnya yang panjang, terutama di sekolah.

Menggeraikan rambut ke belakang :inlah gerak-gerik yang mengatakan, “ saya tampak hebat dan saya ingin kamu mengetahuinya .”

Memotong rambut : memotong rambut pendek berarti anda ingin orang lain tahu bahwa anda yang mengendalikan. Membiarkan rambut panjang mengatakan kepada orang lain bahwa anda anggun.

Memutar-mutar ujung rambut : ini merupakan kebiasaan yang menyatakan anda sedang tegang, atau tidak pasti.

Okey, sampai di sini dulu penjelasannya, untuk bahasa tubuh  yang lain akan di jelaskan pada posting berikutnya…

Leave a comment

Filed under Edukasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s