Sudahkah anda sukses???

Saya percaya, bahwa semua yang telah kita lakukan, keputusan-keputusan yang telah kita tetapkan, tujuannya adalah meraih sukses. Dalam benak kita, sudah terbayang bagaimana tentang karir kita, keluarga kita dan bahkan sejak dini kita seringkali sudah membayangkan rumah, mobil dan hal-hal lain yang kita inginkan. Apakah itu merupakan ukuran sukses anda ? Di benak banyak orang, sukses adalah sesuatu yang masih jauh, yang akan mati-matian mereka upayakan (kalau kesampaian).

Masalah yang sering dihadapi seseorang yang ingin sukses bukanlah karena mereka tidak bisa meraih sukses, tetapi hambatan utamanya adalah bahwa mereka keliru/salah memahami apa itu sukses. Maltbie D. Babcock mengatakan, “Salah satu kekeliruan paling umum dan salah satu yang paling mahal adalah berfikir bahwa sukses itu adalah berkat kejeniusan, keajaiban atau sesuatu yang lain yang tidak kita punyai” demikian yang di kutip oleh John C. Maxwell dalam bukunya yang berjudul “Peta Jalan Menuju Sukses“. Kebanyakan orang memberikan gambaran yang kabur tentang apa artinya menjadi orang sukses, apakah sekaya Bill Gates, sekekar Arnold Schwarzenegger, seintelijen Albert Einstein, seatletis Michael Jordan atau sepiawai Donald Trump dalam bisnis.

Jadi, apa syaratnya sukses ? Ada 2 syaratnya yaitu pertama, gambaran sukses yang benar dan yang kedua, prinsip-prinsip yang benar untuk sampai ke sana. Gambaran sukses tidaklah sama bagi setiap orang karena kita diciptakan sebagai individu yang unik. Tetapi prosesnya sama bagi semua orang, yaitu didasarkan kepada prinsip-prinsip yang tidak berubah.

Lebih lanjut John C. Maxwell mengatakan bahwa sukses adalah mengetahui maksud anda dalam kehidupan, bertumbuh untuk mencapai potensi maksimal anda dan menabur benih yang menguntungkan sesama. Definisi tersebut didasarkan kepada ide bahwa sukses itu sebuah perjalanan daripada tujuan. Ketika anda memandang sukses sebagai sebuah perjalanan, anda tidak akan pernah mengalami masalah berupa berusaha “sampai” di tujuan final yang tak kesampaian. Dan anda tidak akan pernah menemukan diri anda dalam posisi di mana anda telah mencapai semacam sasaran yang paling hakiki, tetapi ternyata masih juga belum terpenuhi dan masih juga mencari-cari sesuatu yang lain untuk dikerjakan.

Ingatkah anda, suatu saat dalam kehidupan anda, ketika anda berfikir, akhirnya aku berhasil, tetapi kemudian menemukan ternyata masih banyak tantangan yang sama sekali baru menantikan anda ?

Manfaat lain dari fokus kepada perjalanan sukses daripada kepada sampai di suatu tujuan atau mencapai sebuah sasaran adalah bahwa anda berpotensi menjadi sukses Hari Ini juga. Begitu anda definisikan ulang sukses itu sebagaimana definisi di atas, sukses adalah sesuatu yang sudah anda alami Sekarang Ini, bukan sesuatu yang samar-samar anda harapkan suatu hari kelak. Jadi, Apakah Anda Sudah Sukses ? (yw)

Referensi :
“Peta Jalan Menuju Sukses” Karya John C. Maxwell, Penerbit Interaksara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s