Dasar-dasar Siklus Menstruasi

Selama beberapa hari tiap bulan, kamu mungkin merasa kembung dan moody. Ini biasanya adalah tanda-tanda dimulainya siklus menstruasi kamu, ketika masa menstruasi atau datang bulan muncul. Buat kebanyakan wanita, hal ini terjadi setiap bulan. Tapi buat yang lain, mens ngga selalu teratur seperti itu.

Berapa lama sih biasanya Siklus Menstruasi itu?
Biasanya berlangsung selama 28 hari, tapi untuk sebagian cewe, siklusnya bisa lebih pendek atau malah lebih panjang. Siklus yang lamanya antara 21 sampai 35 hari sih masih bisa dibilang normal. Hari pertama dari siklus adalah hari pertama dimulainya menstruasi kamu. Dan siklusnya berakhir sehari sebelum dimulainya masa menstruasi berikutnya.

Apa yang biasanya terjadi selama siklus berlangsung?
Setiap bulan, setelah berakhirnya masa menstruasi, otak kamu mengirimkan sinyal ke sel-sel telur yang tersimpan di ovarium, dan menyuruh mereka untuk terus tumbuh. Dari ratusan sel telur yang tersimpan di ovarium, hanya satu aja yang bakal dilepas setiap bulannya. Sel telur ini akan berjalan ke saluran falopii, tempat dia menunggu untuk ketemuan dan bersatu dengan sperma. Proses ini disebut fertilisasi. Kalau fertilisasi terjadi, kehamilan akan terjadi. Tapi kalau hal ini ngga terjadi, sel telur akan hancur sendiri.

Saat sel telur berjalan ke saluran falopii, lapisan dinding rahim kamu sudah dipersiapkan oleh ovarium untuk menerima kemungkinan terjadinya kehamilan. Hormon-hormon yang dilepaskan oleh ovarium bakal bikin lapisan dinding rahim ini lebih tebal dan meningkatkan jumlah dan ukuran pembuluh darah supaya rahim siap menerima sel telur yang sudah dibuahi. Kalau fertilisasi nggak terjadi, lapisan tebal tadi akan luruh dari dinding rahim. Masa menstruasi kamu dimulai ketika lapisan yang luruh ini melewati serviksmu dan menuju ke vagina.

sumber: kotex indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s