Pemeriksaan panggul:memeriksa serviksmu

Apa sih pemeriksaan panggul itu???

Bagaimana caranya?
Kalau kamu khawatir dengan perubahan-perubahan terhadap siklus menstruasi atau cairan vagina kamu, doktermu bisa melakukan pemeriksaan panggul untuk membantu memeriksa organ-organ seksmu. Sebelum pemeriksaan, kamu bakal diminta melepaskan pakaian dan pakaian dalammu. Kamu juga bakal diminta untuk buang air kecil dulu sebelum diperiksa. Sebuah selimut bakal diletakkan di atas tubuhmu, sementara bagian bawah tubuhmu akan terbuka untuk diperiksa. Kamu kemudian akan diminta untuk berbaring terlentang. Kakimu akan dinaikkan dan ditahan dengan penopang. Selama pemeriksaan, dokter akan memasukkan tangan yang dibungkus dengan sarung tangan untuk merasakan dan memeriksa organ seksmu seperti ovarium dan rahim. Sebuah alat logam yang disebut spekulum akan dimasukkan ke dalam saluran vagina untuk melebarkan dinding vagina dan untuk melihat vagina dan serviks secara langsung. Pap smear bisa dilakukan pada pemeriksaan panggul untuk mendapatkan sampel dari serviks dan vagina untuk diteliti lebih lanjut. Santai aja deh dan tarik napas yang panjang supaya kamu tetap tenang. Kalau kamu merasa sakit atau tidak nyaman, jangan ragu buat memberitahu doktermu.

Haruskah saya merasa takut sama pemeriksaan panggul? Bakal sakit ngga sih?
Kamu mungkin merasa cemas atau takut menjalani pemeriksaan panggul. Ini sah-sah aja kok. Bacalah informasi tentang pemeriksaan ini sebelumnya, dan kalau kamu punya pertanyaan, tanyakan pada doktermu. Beritahu doktermu kalau kamu cemas atau takut menghadapi pemeriksaan ini. Pertanyaan kayak: Bakal sakit nggak sih? Berapa lama pemeriksaannya? Kapan hasilnya bisa diketahui?, adalah pertanyaan yang bagus. Kalau kamu mengetahui detail-detail dari prosedur ini, kamu pasti bakal merasa lebih tenang deh. Selama pemeriksaan, sebuah spekulum, yaitu sebuah alat panjang yang terbuat dari logam atau plastik, akan dimasukkan ke dalam saluran vaginamu. Alat ini melebarkan dinding vagina sehingga doktermu bisa melihat vagina dan serviks. Buat cewe-cewe yang belum pernah melakukan hubungan seks, spekulum yang lebih kecil dan pendek bisa digunakan. Spekulum ini dihangatkan dan diberi lubrikan sebelum dimasukkan untuk mencegah ketidaknyamanan atau rasa sakit. Kalau kamu merasa sakit, beritahu doktermu. Doktermu akan menghargainya kok.

Kenapa pemeriksaan ini penting sekali? Kelihatannya rumit banget.
Ada baiknya kamu mau terbuka dan menerima saran-saran dari keluargamu dan doktermu. Kami tahu bahwa organ seks ngga gampang diperiksa pada pemeriksaan berkala biasa. Ngga seperti jantung kita yang selalu berdetak atau paru-paru kita yang mengeluarkan bunyi ketika kita bernapas, rahim atau vagina perlu disentuh atau dilihat secara langsung untuk mengetahui adanya penyakit yang penting. Makanya pemeriksaan panggul ini perlu dilakukan. Pemeriksaan panggul bikin dokter bisa melihat vagina dan serviks secara langsung. Melalui Pap smear, sampel bisa diambil dari permukaan serviks untuk memeriksa apakah ada abnormalitas di serviks.

Sumber : kotex indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s